Teknik Blog

Teknik Blog, Blog WordPress vs Search Engine.
Sebelum anda membuat suatu blog , camkan terlebih dahulu apa kata para pakar blogger yaitu “ Walaupun nama (blog)domain dan konten blog  anda sangat bagus dan sangat mahal tetapi kalau tidak dikenal oleh mesin pencari (Yahoo, Gookle, MSN dan lain2) , maka blog anda tidak ada artinya kecuali blog anda hanya untuk dilihat oleh anda sendiri atau anda membuat blog rahasia yang hanya diketahui oleh anda sendir”, artin lazimnya suatu blog untuk mempublikasikan sesuatu. Oleh Karena itu beberapa cara yang baik untuk membuat blog agar mudah dikenal oleh mesin pencari tersebut, dan satu saran saya yaitu anda mau dan suka menulis dan saran dari mesin pencari yaitu nama domain ada kaitan dengan konten serta aman(dalam arti luas) dalam masyarakat blogger.

Pertama-tama anda harus mempunyai alamat email yang jelas dan jagalah alamat email ini agar tidak bermasalah.

Tetapkan nama domain.
Penetapan nama domain sebaiknya berdasarkan tujuan anda mebuat blog ,kesukaan anda misalnya anda seorang yang suka bepergian kelain tempat, kemudian bidang/pekerjaan apa yang paling anda sukai dan lebih penting lagi bidang/pekerjaan  apa yang paling anda kuasai, selanjutnya kombinasikan kelima hal tersebut dan mulailah menetapkan satu nama domain.

Registrasi di http://wordpress.com  , klik signup, pada isian username ketikan nama domain anda, selanjutnya isikan password , alamat email, jangan lupa contreng kotak legal flotsam dan just a username selanjutnya klik next. Kalau berhasil periksa alamat email dst tetapi kalau tidak berhasil karena nama domain sudah dipakai maka tambahkan saja satu atau dua digit angka dibelakangnya.

Menyusun konfigurasi blog(Penjelasan dalam pilihan bahasa Indonesia)
Pada tampilan dasbor , masuk menu Pengaturan—Umum, pada isian judul blog ganti dengan nama domain anda , misalnya “Wisata Jawa Barat”, kemudian isian slogan diketik misalnya “Tempat dan Foto Wisata Jawa Barat. Judul blog dan slogan harus mempunyai korelasi, dan pengalaman saya kedua item ini termasuk item yang diindeks oleh mesin pencari. Kemudian upload foto/gambar yang yang menjadi cirri khas blog anda (saya sarankan foto anda yang jelas, karena waktu pemirsa membuka blok anda akan tampil foto anda seakan akan anda berada dan siap memberikan informasi yang lengkap.
Lain-lain konfigurasi akan dijelaskan pada lembaran lainnya.

Posting /Tulisan
Tetapkan judul tulisan yang singkat , jelas dan menarik kemudian perhatikan secara otomatis membentuk nama halaman dibawahnya danselanjutnya mulailah menulis. Sebelum melanjutkan penulisan sebaiknya perhatian Nama Halaman , kalau terlalu panjang anda bisa merubahnya. Judul tulisan dan Nama Halaman termasuk item yang diindeks oleh mesin pencari.
Judul tulisan, Nama Halaman serta Isi tulisan harus mempunyai korelasi . Apabila anda membuat tulisan yang sangat panjang sebaiknya disiapkan juga pada halaman tersendiri kemudian anda melinknya ke halaman tersebut (Link ini terbaca oleh mesin pencari), tetapi kalau anda dapat melakukan pemenggalan tulisan, lebih baik lagi dan tidak perlu membuat halaman tersendiri.
Dalam konten tulisan usahakan ada kata yang merujuk ke tulisan lainnya atau ke halaman lainnya bila perlu ke blog lainnya, kemudian anda link ke tulisan atau halaman atau blog tersebut. Perlu diperhatikan dan hati-hati  bahwa link tersebut harus mempunyai korelasi dan wajar , tidak ada kesan menyebar link.
Jangan lupa menambahkan tag paling banyak 4 buah dan sedapat mungkin tag ini singkat, jelas dan maksimal 3 kata (saran wordpress ke Google) dan tag ini menjadi perhatian pada technorati dan beberap direktori blog lainnya. Coba perhatikan menu dasbor—peselancar tag apa yang tampak ??, kalau blog anda sudah berumur 1 bulan dan telah deregister oleh technorati maka akan muncul tulisan dari blog lain yang menggunakan tag yang sama.
Kategori tulisan, fungsinya untuk mengelompokan tulisan dalam jenis yang sama penting,  juga diisi, membantu pemirsa untuk memilih tulisan yang akan dibaca/dilihat, jadi semacap peta. 

Halaman
Seperti penjelasan post/tulisan hanya saja disini tidak ada tag. Usahakan tiap halaman yang ada mempunyai link dengan post, halaman lainnya atau suatu blog.

Tautan
Anda dapat membuat tautan sebanyak mungkin, disarankan jangan sekali-kali membuat tautan dengan Tulisan/post atau Halaman dalam satu blog. Tautan ini diperuntukan untuk link ke blog lainnya.Yang perlu diperhatikan disini adalah Diskripsi tautan, isikan kalimat yang singkat dan jelas. Sebenarnya tdk ada kaitan langsung antara blog anda dengan mesin pencari, tetapi ini meningkatkan kinerja blog yang dituju, kemungkinan besar ini muncul pada analisa google analityc dan analisa wordpress sendiri di blog tujuan. Kategori Tautan , sangat penting, buat lah kategori yang ada korelasi dengan  blog tujuan , berbeda dengan diskripsi tautan , kategori ini termasuk indek dari beberapa mesin pencari walaupun sebenarnya tdk berhubungan langsung dengan blog kita. Diskripsi kategori tautan juga perlu diisi.

Khusus blog WordPress.com

  1. Tutorial WordPress.
  2. Trick WordPress
  3. Widge WordPress

One Response to “Teknik Blog”

  1. Teknik Membuat Blog Bagi Pemula di WordPress | Rumah serba-serbiqu Says:

    […] Sumber: https://amhaynet.wordpress.com/teknik-blog/ […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


%d bloggers like this: